CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 13 Maret 2010

Ciri-ciri Profesionalisme dan Kode etik profesionalisme seorang TI

Ciri - ciri profesionalisme yaitu :

  1. Punya keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tadi.
  2. Punya ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
  3. Punya sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya.
  4. Punya sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.

Ciri Khas Profesi yaitu :

  1. Suatu bidang pekerjaan yang teroganisir dari jenis intelektual yang terus berkembang dan diperluas.
  2. Suatu teknik intelektual.
  3. Penerapan praktis dari teknik intelektual pada urusan praktis.
  4. Suatu periode panjang untuk pelatihan dansrtifikasi.
5. Beberapa pernyataan dan tentang etika yangdapat diselenggarakan

Pengertian etika adalah ilmu yang mempelajari atau membahas tentang perbuatan baik dan perbuatan buruk yang dimiliki manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia itu sendiri. Perbuatan baik merupakan segala sesuatu hal yang dikatakan dengan baik bila ia mendatangkan rahmat dan memberikan perasaan senang atau bahagia. Dan sesuatu yang dikatakan baik akan dihargai secara positif. Sedangkan perbuatab buruk segala yang tercela yang selalu bertentangan dengan norma – norma masyarakat yang berlaku.

Keahlian seseorang IT bisa membawa 2 segi, yaitu membangun atau menghancurkan. Dengan keahlian mereka, mereka bisa membuat aplikasi yang menjadikan suatu pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif, yang berujung kepada penghematan, kecepatan dan ketepatan. Tapi pada saat yang bersamaan mereka bisa juga menciptakan alat yang sangat merusak, seperti virus, worm, etc. Penyebaran virus sangat cepat dan merusak bisa merugikan suatu perusahaan hingga berjuta dollar dalam hitungan hari, bahkan jam. Sangat diutamakan bahwa seorang IT harus mempunyai etika yang membangun.

Penyalahgunaan yang lain adalah memanfaatkan keahlian untuk mengambil sesuatu yang bukan haknya, seperti mengambil uang dalam tabungan orang lain, memanipulasi suatu fasilitas hingga tidak perlu membayar, menjual data perusahaan untuk mendapatkan uang, memanipulasi data seperti memperbesar gaji, membeli barang.

Sumber : Diadopsi dari materi kuliah Etika & Profesi Teknik Informatika oleh Dr. Budi Hermana

0 komentar: