CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Minggu, 06 Desember 2009

(JAVA Community Proses) JCP

(JAVA Community Proses) JCP
Sejarah JCP
Java Community Process mungkin organisasi yang paling penting dalam dunia perangkat lunak Java, dengan kemungkinan pengecualian dari Sun Microsystems itu sendiri.
Bahkan JCP, yang membantu menentukan masa depan Jawa dengan mengembangkan teknologi Java baru spesifikasi dan referensi implementasi, hampir tidak terpisah dari Sun.Sponsor perusahaan organisasi dengan membayar gaji para staf, dan memberikan pengaruh yang besar atas kerja dalamnya.

The JCP didirikan oleh Sun Microsystems pada tahun 1998.Selama dekade terakhir perusahaan telah melepaskan kontrol atas JCP, tetapi para pengecam mengatakan itu tidak cukup.Banyak di masyarakat Jawa percaya bahwa Sun mengejar kepentingan komersial sendiri tidak sesuai dengan tujuan membina sebuah lingkungan kolaboratif yang hanya bertujuan untuk meningkatkan teknologi Java.

Beberapa telah menyerukan perubahan yang lebih mendasar pemerintahan dari JCP, atau mengusulkan agar JCP harus dibebaskan dari Sun sama sekali.

Lain mengatakan bahwa Sun tidak mampu melepaskan kendali atas badan standar Jawa, dan bahwa kepemimpinan JCP membutuhkan lebih banyak dari Sun, tidak kurang.

Mendemokrasikan JCP

Ada dua pokok kritik, salah satunya adalah bahwa Sun memiliki terlalu banyak pengaruh, dan yang lainnya adalah bahwa organisasi ini terlalu rahasia," kata Patrick Curran, ketua JCP.

Meskipun ia adalah karyawan Sun, Curran mengatakan ia melakukan yang terbaik untuk memajukan kepentingan masyarakat daripada Sun.Dia membela Sun peran penting dalam JCP sementara mengakui bahwa ia ingin kelompok untuk menjadi lebih "terbuka, demokratis, dan egaliter".Kedepan nya, Curran mengharapkan JCP revisi ke model pemerintahan yang akan menambah transparansi dan menciptakan lebih tingkat lapangan bermain.

The reformer Pembaharu

Patrick Curran JCP Ketua baru-baru ini berbicara dengan JavaWorld tentang proses standar JCP, tantangan yang dihadapi JCP, dan bagaimana ia percaya mereka dapat tetap: Dengarkan podcast.

Meskipun kritik, Sun eksekutif Jeet Kaul mengatakan JCP adalah salah satu badan standar lebih baik ia telah berpartisipasi dalam, terutama karena melibatkan perusahaan dalam persaingan pasar langsung dengan satu sama lain.

"Satu-satunya peran yang kita mainkan adalah mencoba untuk memastikan ada kesepakatan dan hal-hal yang bergerak maju," kata Kaul, Senior Vice President of client software di Sun. "Kompatibilitas adalah tanda dari apa yang kita inginkan. Jika anda memiliki versi yang berbeda 7.000 Jawa itu tidak memiliki nilai di pasaran saat ini. Itu akan menyakiti orang yang sama yang mengeluh."

Project Harmony Proyek Harmony

Yang paling terkenal mungkin JCP kontroversi adalah satu-satunya yang melibatkan Apache Software Foundation, yang menuduh Sun menolak untuk memberikan izin itu yang dapat diterima untuk open source yang disebut implementasi Java SE Harmony.Menurut Geir Magnusson, Apache perwakilan ke JCP, lisensi Minggu itu menawarkan akan "membatasi kebebasan pengguna [dari Apache Harmony] telah menggunakan kembali perangkat lunak, apakah itu untuk mendistribusikan atau membuat karya turunan."

Magnusson adalah marah bahwa Sun memegang kekuasaan untuk lisensi teknologi Java, mengatakan bahwa Apache harus dapat melakukan apa pun yang dipilihnya selama pelaksanaannya kompatibel dengan spesifikasi JCP yang disetujui.

Tapi aturan saat ini telah disetujui oleh anggota komite eksekutif JCP pada umumnya, bukan oleh Sun sendiri, Curran catatan.

Apache on 23 Februari melemparkan satu-satunya suara tidak setuju terhadap Java EE 6 spesifikasi, dan mengatakan itu bentuk protes terhadap sikap Sun pada Java SE lisensi."Kami percaya bahwa anggota JCP yang tidak sesuai dengan isi dan semangat dari aturan-aturan yang mengatur seharusnya tidak diperbolehkan untuk memimpin JSRs," Apache komentar.

Kaul menuduh Apache menginginkan sebuah "lisensi yang bebas" di mana siapa saja yang menggunakan kode Apache "bisa melakukan apa saja dengan Jawa yang mereka inginkan."Pada suatu titik, pendekatan semacam itu akan menghancurkan kemampuan Sun untuk menghasilkan uang, katanya.

Curran mengatakan sengketa dapat menjelaskan masalah dengan Java Specification Participation Agreement (JSPA), sebuah dokumen hukum yang masing-masing anggota JCP harus masuk ke dalam dengan Sun. "Jika ada cukup ambiguitas dalam dokumen JSPA pengacara mahal sehingga dapat tidak sepakat tentang maknanya," katanya, "kita perlu memperbaikinya sehingga jelas dan tidak ambigu dan mengungkapkan apa yang kita inginkan untuk mengungkapkan."

Sumber : www.Javaworld.com


0 komentar: